Kamis, 05 Maret 2009

Mesin Abstrak (Abstract Machine)

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas mesin abstrak yang merupakan bagian dari algoritma dan penerapan dalam pemrograman.Mesin abstrak adalah salah satu aplikasi sederhana dari penggunaan procedure pada pemrograman. Mesin abstrak adalah suatu mesin yang dianggap ada dan diasumsikan dapat melakukan mekanisme yang didefinisikan mesin tersebut. Mungkin bahasa diatas terlalu rumit,secara sederhana mesin abstrak adalah model nyata atau simulasi dari pemrograman. Dengan mesin abstrak pemrogram dapat membuat mekanisme yang mudah dibayangkan.Ada dua mesin abstrak yang umum digunakan yaitu mesin integer dan mesin karakter.

Mesin Integer
Mesin Integer terdiri dari:
• Sebuah jendela yang menampilkan angka integer pada saat tertentu. Angka integer di jendela itu disebut Current Integer(CI).
• Sebuah tombol RESET untuk mengembalikan CI pada angka nol.
• Sebuah tombol INC (Increment) untuk menambahkan angka 1 pada nilai CI.

Mesin Karakter
Mesin karakter terdiri dari:
• Sebuah jendela yang ukurannya sebesar satu karakter saja. Karakter yang terlihat di jendela disebut Current Character (CC) dan karakter lain tidak terlihat.
• Pita yang berisikan deretan karakter dan diakhiri tanda titik (“.”). Pita ini adalah gambaran nyata dari array of char atau juga dikenal sebagai string. Jika pita ini hanya berisi tanda titik maka pita ini dianggap sebagai pita kosong.
• Sebuah tombol START untuk memulai pembacaan karakter.
• Sebuah tombol ADV (Advance) yang berfungsi untuk menggeser pita karakter yang bertujuan menampilkan karakter berikutnya.
• Sebuah lampu EOP (End of Position) yang menyala jika tanda titik (“.”) sudah terbaca. Lampu menyala adalah gambaran kondisi status TRUE dan padam berarti FALSE.

Mungkin pada posting yang lain saya akan menggambarkan cara kerja mesin-mesin tersebut dan macam-macam mesin lain beserta aplikasinya dalam pembuatan program berbasis mesin integer dan karakter. Lanjutan.

1 komentar:

  1. Wah makasih mas, atas materinya tentang mesin karakter,
    kalau ada waktu silahkan berkunjung ke blog saya Dede Gunawan Blog

    BalasHapus

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)