Selasa, 18 Mei 2010

Sekedar Analogi Menuju Perubahan Lebih Baik

sumber : http://1.bp.blogspot.com
Sebenarnya ini hanya jawaban dari sekian banyak pertanyaan teman-teman sebelumnya. Rasanya sulit untuk mengatakan apa yang mendasari sesungguhnya. Berawal dari mimpi, yang kurang jelas. Tapi yang jelas, saya menemukan banyak hikmah di sisa-sisa n day[s] left. Satu alasan yang saya clue-kan, karena ada perubahan yang saya rasa ke arah lebih baik, dan tepat satu tahun (16 Mei 2010) hal tersebut telah berlalu. Mungkin ada yang mengingatnya saat itu.

15 days left...
Mengawali sesuatu itu berat, meski begitu perubahan itu tak akan terjadi kalau tak ada yang mengawali.
(Hukum 1 Newton, benda itu cenderung lembam (malas bergerak) tanpa adanya gaya (motivasi) atau bergerak tanpa akselarasi (monoton) (a=0, v konstan))

14 days left...
Kembali ke kesendirian. Hanya ada saya, saya dan saya. Apakah bisa hidup seperti itu. Sendiri, hanya benda mati yang menemani ~ sebuah keautisan.
(1 pangkat berapapun hasilnya 1, kesendirian tak akan menghasilkan perubahan besar)

13 days left...
Saat-saat tak berarti sama sekali. Saat orang tak menganggap Anda ada di sekitar anda. Ataupun Anda ada, tetapi anda tak bermakna di sana.
(bilangan berapapun pangkat 0 hasilnya 1 (kecuali 0), saat anda ataupun kelompok anda tak memiliki peran di sana, berarti anda ataupun kelompok anda akan terkucilkan dan hanya pengali 1 yang disumbangkan (tak berpengaruh)).

12 days left...
Kehilangan arah. Tak tahu apa yang akan dipikirkan dan diperbuat. Kata "sia-sia" bisa menjadi 'hantu' yang menyeramkan saat itu. Saat di tengah jalan kehilangan arah, apakah harus mundur atau maju. Mundur lupa asal, maju tak tahu arah. Penting di awal untuk menetapkan tujuan. 1 tujuan tetapi banyak jalan, cari alternatif bisa jadi solusi. Yang terpenting adalah mantapkan diri, sadar bahwa manusia-manusia penolong ada di sekelilingmu dan jangan berhenti.
(Banyak jalan menuju Roma)

11 days left...
Ah, kiranya tidak baik juga saya berbicara kebaikan, kalau saya sendiri tidak pernah melakukannya, ataupun berbicara keburukan, kalau toh saya belum tahu pasti apakah itu benar-benar keburukan, mungkin teladan lebih baik daripada sekedar menasehati.
(HUkum 3 Newton, F aksi = F reaksi, teladan bisa menjadi media dakwah paling efektif)

10 days left...
Ide Gila! Hah, terlalu berlebihan kata-katanya. Ide-ide baru, yang mungkin aneh, unik ataupun kontroversial maksudnya. Jangan menganggap sesuatu biasa yang telah ada saat ini bermula dari ide 'gila'. Tahukah Anda, hanya dengan bermain bandul yang diikat benang, seseorang bisa menemukan besarnya percepatan gravitasi bumi ini.
(Banyak bilangan rasional apabila ditarik nilai akarnya menghasilkan bilangan irrasional, sesuatu yang biasa mulanya berawal dari sesuatu yang tak biasa)

9 days left...
Presepsi, sesuatu yang kejam di dunia ini. Terkadang melihat dua hal yang berbeda dapat menimbulkan presepsi yang sama. Jadi, prasangka memang boleh, tapi analisis harus jalan juga. Tanpa analisis yang tepat itu berarti tuduhan tanpa bukti.
(2 * 2 = 2 + 2 = 4 atau 1,5 * 3 = 1,5 + 3 = 4,5 --> dua operator (tindakan) berbeda terkadang menghasilkan sesuatu yang terlihat sama)

8 days left...
Jatuh dan bangkit, suatu hal yang biasa dalam siklus hidup manusia. Jatuh itu banyak penyebabnya. Jika di punggung Anda ada beban terlalu berat, maka hikmah untuk menjadi lebih kuat. Jalan yang penuh lubang, sebenarnya hikmah untuk menjadi lebih lincah. Itulah kapasitas anda sebenarnya.
(Pegas dengan konstanta yang besar akan menghasilkan potensial yang besar pula, dan dapat melesatkan massa diujungnya lebih cepat)

7 days left...
Bidang pandangan. Terkadang sulit menerka ataupun memecahkan masalah dengan satu ilmu saja. Salah jika hanya memandang sesuatu secara sempit dan subjektif. Seharusnya masalah harus dilihat dari berbagai sudut pandang, jangan asal tebak, asal bagus dan asal selamat. Itu bukan kunci. Analisis pasti, pandangan tak boleh terkunci di suatu titik, dan jangan sampai terhalang oleh warna lain.
(Lingkaran adalah himpunan titik-titik dengan jarak yang sama dengan suatu titik, bidangnya lebih luas dan halus dibandingkan dengan segi-n beraturan yang memiliki diagonal yang sama panjang dengan diameternya)

6 days left...
Inspirasi adalah sesuatu yang ajaib. Dapat dikata, inspirasi adalah sumber dari terjadinya perubahan dan kemajuan jika itu terpandang positif. Tak semua orang mendapatkannya dengan mudah. Perlu sedikit keadaan tertentu dan keberuntungan untuk mendapatkannya. Orang lain pun dapat menjadi inspirator, dan berupaya untuk mendapat dan menuangkan inspirasi, adalah langkah awal untuk jadi lebih baik.
(Tulisan ini terinspirasi dari sebuah keadaan)

5 days left...
Motivasi, saran dan perbaikan dari orang lain sangat dibutuhkan. Tidak semua orang mendapatkannya. Jadi manfaatkan untuk jadi cambuk, indikator keberhasilan ataupun pacu untuk menjadi lebih baik.
(Benda dengan kecepatan konstan akan berakselarasi jika ada gaya yang bekerja terhadapnya, F=ma)

4 days left...
Ada saat-saat sangat dibutuhkan. Katakan "bisa" untuk menjawab tantangan tersebut. Bukan berarti sombong atau spekulasi tanpa perhitungan. Multi-intelegence! Sesuatu yang membuat Anda berbeda dengan yang lain. Segala hal bisa dilakukan, meski tak sesempurna ahlinya, paling tidak Andalah solusi alternatif.
(Jadilah himpunan semesta bagi himpunan-himpunan bagian yang lain)

3 days left...
Ketenangan, bukan berarti takut atau tak bergerak. Tak gegabah, ada sumber yang harus disembunyikan. Ada saat-saat harus mencerna masalah lebih lama dan tidak "meledakkan gerakan" yang tak perlu saat itu. Selama perhitungan masih dalam kendali, panik jadi hal yang haram hukumnya.
(benda yang diam itu sebenarnya juga berenergi)

2 days left...
Momentum, sesuatu yang tidak mutlak, tetapi menjadi saat-saat tertentu menjadi waktu terbaik untuk melakukan, menciptakan dan mengubah sesuatu untukjadi lebih baik. Menjadi titik balik ataupun titik tolak, sebuah perubahan.
(seperti impuls, yang memberi force pada detik (satuan waktu) yang tepat, untuk dapat mengubah kecepatan, besar dan atau arahnya)

1 day left...
Memenangkan dan mencapai tujuan dalam hidup. Tujuan dalam hidup, bukan akhir dari segalanya, tetapi hanya tempat berlabuh untuk tujuan yang lebih jauh (baca:baik) dari sebelumnya. Tujuan akhir adalah, ketika memenangkan apa yang dinamakan tujuan kasih sayang, dengan tingkatan tertinggi, orang sering menyebutnya "surga".
(segala sesuatu berawal dari ketiadaan dan pasti kembali ke penciptanya)

Jadi, apa yang saya pikirkan, bukan sesuatu yang luar biasa bagi orang lain di 15 hari ini. Saya hanya mencoba dan menerka hal-hal di sekeliling saya, semampu pemahaman dan ilmu pengetahuan yang saya miliki. Hanya himkah bagi saya, tapi berharap bisa bermanfaat untuk orang lain.

time is over...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)