Sabtu, 11 April 2009

Merawat Notebook agar Tetap Awet dan Bersih


Wah,setelah mendapat notebook (laptop) baru dari kampus,tentunya ingin cepat-cepat menginstal OS agar bisa segera digunakan. Namun,apa yang terjadi 2 sampai 3 hari kemudian? Banyak teman-teman saya yang menggunakan garansi notebooknya secara dini (alias notebooknya rusak). Entah itu charger,atauun notebooknya sendiri. Rupa-rupanya mereka masih menganggap notebook (laptop) dan komputer desktop adalah sama fungsi dan penggunaannya. Namun tidak demikian. Notebook walaupun lebih praktis bukan berarti lebih sepele dalam perawatannya. Termasuk teknik memakai,menyimpan dan memeliharanya perlu perhatian khusus agar notebook kita bisa bertahan lebih lama.
Berikut adalah kesalahan-kesalahan dalam menggunakan,menyimpan ataupun me-maintain notebook yang sering dilakukan:
  1. Menghidupkannya begitu lama (lebih dari 5 jam ,secara terus-menerus). Ini akan berakibat pada piringan hardisk berputar begitu lama,sedangkan ukuran piringannya lebih kecil daripada desktop sehingga hardisk biasanya cepat rusak.
  2. Tidak menggunakan baterai notebook,tetapi langsung dari arus AC -Charger-Notebook. Ini sangat beresiko,selain kehilangan task kita bila listrik mati mendadak,notebook akan menerima arus yang lebih besar daripada saat ada tahanan baterai. Hal ini dapat menyebabkan notebook memiliki waktu yang pendek untuk bertahan saat menggunakan baterai.
  3. Menonton film berjam-jam di notebook dengan memasukkan CD atau DVD di CD/DVD drive. Karena optik pada notebook yang digunakan untuk membaca CD/DVD begitu kecil,maka pembacaan file yang ukurannya sampai ukuran Giga dan waktu yang lama menyebabkan optik pada CD/DVD drive menjadi rusak atau lemah dalam proses pembacaan.
  4. Sering bermain game di notebook. Game di sini adalah game-game yang bagus digunakan di desktop, dalam artian game-game yang ukuran filenya sangat besar sebaiknya jangan dimainkan di notebook. Sebatas game rumahan masih dapat diperkenankan di notebook.
  5. Joystick yang menggunakan USB juga sebaiknya jangan digunakan di notebook,karena USB pada notebook biasanya driver-nya hanya kuat untuk USB flashdisk,mouse atau hardisk eksternal.
  6. Mengetik terlalu keras/kasar. Ini menyebabkan motherboard (mobo) yang tepat di bawah keyboard menjadi cepat rusak. Mobo yang rusak mempengaruhi kerja processor.Selain itu tombol papan ketik menjadi lekas kendor. Biasanya orang sering menekan secara keras dan tiba-tiba pada tombol ENTER dan menekan secara keras dan tergesa-gesa pada tombol backspace.
  7. Jangan menempatkan laptop di kasur/permukaan empuk saat digunakan,karena dapat ini menyebabkan aliran udara panas yang keluar melalui ventilasi menjadi terhalang. Udara panas yang tidak bisa keluar akan menyebabkan komponen-komponen di dalamnya panas dan cepat rusak.
  8. Sesuatu yang sering dilakukan adalah menyentuh permukaan LCD denga tangan atau benda lain seperti pensil atau pulpen. Selain membuat LCD kotor ,hal ini sangat beresiko menggores LCD sehingga gambar yang tampil juga bisa tidak bagus.
  9. Mengetuk touch pad dengan kasar/keras. Ini berakibat pada sensori di bawah touch pada cepat rusak yang mengakibatkan kursor tidak berjalan saat digeser dengan touch pad.
  10. Charger tidak dicabut setelah baterai penuh. Sangat beresiko untuk baterai karena baterai akan cepat "bocor".
Di atas adalah kesalahan yang sering dilakukan pengguna notebook. Tips dan trik merawat notebook supaya awet adalah menghindari hal-hal di atas. Selain itu bersihkan papan ketik dan monitor secara berkala dengan lap lembut,vacum cleaner dan kuas khusus notebook (dijual di pasaran). Boleh juga anda gunakan cool pad agar suhu pada laptop tidak terlalu panas. Hal di atas hanya sebagian kecil dari masalah-masalah sesungguhnya. Ini hanya sekedar saran,tetapi semua yang di atas berasal dari pengalaman orang-orang di sekitar saya dan saran dari pihak servis notebook.
Mungkin cukup dulu untuk kali ini,lain kali mungkin akan berbicara program utilitas yang bermanfaat untuk memelihara OS kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)