Selasa, 14 April 2009

Persaingan Social Networking dan Dampaknya


Tahun lalu saya menjadi pengguna friendster gara-gara teman-teman sudah memilikinya (Hari gini gak

punya friendster...). Baru memiliki teman kurang dari 100 orang,teman-teman saya beralih ke facebook.
Yah saya mau tidak mau juga harus ikut tren itu supaya tidak dianggap kurang supel.
Sebenarnya fenomena di atas adalah fenomena merebaknya social networking. Mungkin orang tidak begitu tahu apa itu social networking,yang mereka tahu hanya namanya saja seperti friendster,facebook atau my space. Mereka hanya terpaku pada pelayanan yang diberikan,dan kurang memperhatikan sesungguhnya fenomena yang terjadi.
Social Networking atau dalam bahasa Indonesia jejaring sosial,merupakan tren baru baru-baru ini.
Perkembangannya yang begitu pesat menyebabkan para penyedia layanan interaksi sosial melalui internet ini saling berebut pengunjung. Maklum situs-situs seperti ini adalah tempat bercokolnya iklan-iklan perusahaan besar.
Social networking memberi kemudahan dalam berinteraksi sosial melalui internet,seperti:saling memberi komentar,membuat profil pribadi,mengutarakan pendapat,membentuk grup serta menambah teman.
Hal ini jelas merupakan revolusi dari website baru-baru ini. Website versi 1.0 dimana terdapat pandangan "Content is King" banyak ditinggalkan dan digunakanlah versi 2.0 yang berpandangan "Visitors is King". Versi 2.0 inilah yang menarik minat pengunjung untuk membuat akun secara gratis,lalu rajin berinteraksi serta mempengaruhi yang lain untuk menggunakannya. Inilah periklanan via pengguna yang sukses dijalani social networking hingga menaikkan traffic mereka.
Hal ini menyebabkan situs-situs penyedia layanan social networking saling bersaing dan menunjukkankeunggulan mereka dari segi kemudahan,fitur yang lengkap dan interface/tampilan yang memanjakan pengguna. Lalu,siapa saja yang bersaing di tahun ini,mari kita lihat.
  1. MySpace.MySpace merupakan situs social network yang terbesar saat ini. Myspace hadir dengan beragam fitur yang ditawarkannya antara lain adalah blog sehingga user bias memajang klip video atau musik. Untuk fitur, Myspace memang yang paling banyak menawarkannya. Hampir semua fitur yang ada di setiap network ada pada MySpace. Mungkin hal itulah yang membuat Myspace menjadi Social network yang paling banyak mempunyai member.
  2. Facebook.Beberapa waktu lalu saya mendapat sebuah email dari milis langganan yang menanyakan bagaimana cara membuat profile dalam facebook. Katanya teman-temannya semua sudah punya facebook.Memang, di Indonesia Facebook sudah mulai menggeliat dan merebut hati para pengguna friendsteruntuk membuat profile baru pada Facebook.Tampilan facebook yang relatif sederhana menjadikan lebih mudah digunakan dan Facebook sendiri sudah menyediakan fitur bahasa Indonesia
  3. Bebo.Bebo memang tidak begitu dikenal di Indonesia, namun fiturnya ada yang lebih baik dari Facebook,yaitu integrasi dengan percakapan instant messaging membuat kominikasi lebih hidup. Selain itu juga dapat meng-upload video, tapi kelemahannya daya tampung foto 2 MB saja.
  4. Friendster.Ini dia situs yang lagi merebak di kalangan remaja Indonesia. Website sebagai tempat mengekspresikan diri. Fasilitas yang didapat juga lumayan, jaringan pertemanan yang tambah luas dan saling tukar informasi. Fitur video juga disediakan oleh friendster, dan kemudahan lainnya adalah memudahkan user mengedit halaman profile sesuai keinginan.
  5. Hi5.Fiturnya tidak jauh berbeda dengan friendster tapi satu kemudahan menggunakan Hi5 adalah dalam penambahan teman, dimana Hi5 tidak mengharuskan user mengetahui alamat email terlebih dahulu,space foto 2 MB. Kelebihan lainnya, dengan Hi5, anda mampu mendeteksi member yang sedang online sehingga bisa mengirimkan pesan singkat.
  6. Orkut.Pengguna account Gmail dapat menggunakan Orkut yang memang merupakan ujicoba dari social network besutan Google. Space yang ditawarkan cukup besar yaitu 10 MB, 2x lebih besar dibanding Myspace yang 5 MB.
  7. PerfSpot.Social network ini banyak juga digunakan oleh member muda yang rata-rata bernuansa pendidikan. Fiturnya tidak jauh berbeda dengan situs social network lainnya yaitu update profile, video, foto dan musik.
  8. Yahoo! 360.Sebenarnya situs ini telah lama diperkenalkan bersamaan dengan booming Yahoo ! Messenger (YM). Tentu saja harus punya account yahoo untuk menjadi member situs ini. Fitur yang ditawarkan setting profile, upload foto, video musik, juga posting blog.
  9. Zorpia.Fitur yang dimiliki hampir menyamai friendster dan facebook. Space yang ditawarkan 16 MB, paling besar di antara 10 top social network.
  10. Netlog.Netlog cukup popular di daratan Eropa. Fiturnya rata-rata sama dengan social networking lainnya. Spacenya relative hanya 3 MB.
Sudah menjadi member manakah anda? Dengan banyaknya social networking yang ditawarkan,kita diberikan kemudahan dalam berinteraksi sosial melaluinya. Namun perkembangan social networking ini menurut saya memberi dampak buruk juga. Contohnya orang akan lebih suka chating melalui internet daripada berbicara langsung. Jelas merupakan penghambat kemampuan berkomunikasi seseorang yang notabene adalah sesuatu yang jelas dibutuhkan dalam pergaulan sehari-hari. Dari segi Islam,hal ini dapat mengurangi kebiasaan silaturahim di antara kerabat ataupun sahabat. Orang dengan mudah berkomunikasi dengan yang lain tanpa harus mengunjungi kediamannya. Padahal silaturahim sangat dianjurkan dalam Islam. Dampak selanjutnya yang mungkin orang-orang belum paham benar adalah resiko untuk penyalahgunaan profil maupun foto pribadi. Di luar sana banyak cracker-cracker yang berusaha menjebol keamanan dari profil pribadi. Walaupun secara kasat dapat dipastikan situs seperti facebook,friendster dan teman-temannya memiliki sistem keamanan jaringan yang kuat. Bahkan saya sendiri pernah melihat suatu situs yang isinya teknik menjebol password friendster. Dampak yang lebih mengejutkan lagi, baru-baru ini terdapat berita yang cukup menggemparkan, situs BBC memuat sebuah artikel yang mengindikasikan bahwa situs seperti Facebook.com bisa berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya. Artikel tersebut melalui penjabaran Dr Aric Sigman, menyebutkan bahwa social networking berpengaruh buruk pada biologis seseorang. Bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa interaksi dengan orang lain secara online (berinteraksi tidak secara tatap muka) dapat mengubah kinerja gen, mengganggu kekebalan tubuh, hormon, fungsi arteri dan dapat menyebabkan cacat mental. Bahkan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius, yaitu kanker, strokes, jantung dan dementia.Hikmahnya adalah perkembangan teknologi komunikasi yang termasuk di dalamnya social networking membantu kita dari segi efektifitas dan kemudahan dalam berinteraksi sosial tapi kita tidak boleh memandang remeh dampak buruknya.

1 komentar:

  1. Teknologi harus dimanfaatkan dan harus disikapi dampaknya

    BalasHapus

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)