Senin, 09 Agustus 2010

Kerja Praktek - Minggu III

Kerja Praktek Minggu III
Minggu ketiga kerja praktek tak ubahnya sepeerti minggu kedua, situasi sama dan aku hanya berangkat 2 kali dalam seminggu, sisa pekerjaanya aku garap di kosan. Hitung-hitung hemat untuk biaya transportasi.

Minggu ketiga ini diawali dengan konsep mengenai sistem informasi akuntansi. Pak manager memberikan gambaran suatu sistem informasi akuntansi di perusahaan bukan sebatas aplikasi yang dapat menjurnal dan memberikan laporan keuangan secara komprehensif, serta aplikasi tersbut dijalankan oleh seorang akuntan. Lebih dari itu, sistem informasi akuntansi akhirnya akan berbentuk suatu sistem terintegrasi dimana jurnalnya dikerjakan oleh sistem dan operator sistem tersebut bukan akuntan, tetapi bagian yang mengerti pada setiap bagian atau divisinya. Sebagai contoh, aplikasi penggajian. Secara tidak langsung, seorang pegawai yang mengurusi penggajian, akan menjurnal "bagiannya" ke dalam junal umum tanpa mengetahui apa saja akun-akun yang terlibat dalam penggajian tersebut. Bagian akuntansi atau akuntan hanya akan mengadakan penjurnalan transaksi yang bersifat memory voice dan pengecekan ulang terhadap penjurnalan yang dilakukan sistem.

Dari konsep tersebut, dalam level implementasi diperlukan tabel-tabel yang merupakan inherit dari tabel lain. Selain itu, metode kalkulasi penggunaan view, tabel temporary serta model kalkulasi yang dilakukan di lapisan database merupakan bentuk-bentuk optimasi performansi sistem serta mengoptimalkan fungsi DBMS itu sendiri bukan hanya sebagai storage, tetapi juga suatu kakas yang sangat powerful untuk berbagai olah data.

Pada hari kedua, yakni hari jumat, kami mengalami kesulitan dan menghadapi error terkait dengan tidak dimilikinya modul php_pdo_pgsql,php. Saat hanya mengedit php.ini, ternyata XAMPP tidak memiliki modul tersebut. Saat kami berdiskusi di kantor, pak manager yang menggunakan WAMP ternyata juga menghadapi kendala yang serupa. Namun, kami mencermati ada modul php_pdo_pgsql.dll dalam extension WAMP, meskipun modul itu ternyata juga dianggap tidak ada. Setelah googling sana-sini, akhirnya kami menemukan cara untuk mengatasinya, yakni menambahkan path environment variable yang ada di properties komputer yang mengarah atau direct ke folder extension yang berisi modul itu, Dan hasilnya, taraaa!! PDO untuk Postgresql muncul di php infonya. Akhirnya aku pun diberi modul itu dan dicoba untuk di XAMPP. Tenryata tidak berhasil. Apa daya, aku harus migrasi ke paket baru, WAMP. WAMP memiliki interface yang lebih aplikatif terhadap usernya, dengan fasilitas penggantian versi PHP, Apache maupun MySQL secara mudah.

Meski aku sudah menginstall WAMP, masalah muncul lagi, saat aku checklist extension pdo_pgsql, ada pesan peringatan bahwa tidak ditemukan modul php_pdo_pgsql.dll di suatu path extension. Saat aku cek, ternyata ada. Wah, apa nih yang salah. Kembali bertanya ke om Google, akhirnya banyak manual yang menyarankan untuk mengcopy modul itu ke folder system32 milik windows. Saat aku pindah, restart server dan taraa!! php_pdo_pgsql.dll already loaded. Alhamdulillah.

Dan menjadi tugas di minggu keempat untuk membuat interface untuk proses insert, update dan delete data. Tentunya memakai oop yang merupakan dasar pemrograman PHP yang kebetulan kami menggunakan framework Zend.

Hikmah, minggu ketiga ini, bahwa setiap menemukan bug atau kesalahan, bisa membuat kita semakin banyak belajar dan lebih tahu apa-apa yang tidak diketahui orang yang mungkin lancar dalam prosesnya.

Semoga Minggu keempat ini jauh lebih baik, maju, bermakna dan memiliki banyak ilmu dan himkah. Aamiin. Have fun with your life! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)