Halaman

Selasa, 17 Agustus 2010

Kerja Praktek - Minggu IV

KP Minggu keempat ini, mungkin akan menjadi catatan paling sedikit, karena aku hanya sekali ke tempat KP. Posisi, view aplikasi sudah lumayan bagus dan diapresiasi oleh Pak Manager. Tetapi untuk proses penjurnalan, aku dan kawan-kawan belum punya skenario yang tepat untuk membuat form jurnal. Mungkin aku bisa berkreasi dengan javascript dan AJAX, tetapi, yang tepenting adalah bagaimana, caranya agar form itu dapat mengirim nilai-nilainya ke dalam tabel-tabel yang ada di DBMS. Jujur saja, ini proses yang paling sulit, dan ini juga merupakan proses inti pencatatan transaksi. Tak mungkin proses ini di skip begitu saja. Akhirnya dengan berbagai macam trik akhirnya aku menemukan skenario penjurnalan yang baik. Yakni, user yang akan memasukkan akun ke dalam form dapat langsung memilih akun dan cukup menekan button, sehingga akun tersbut masuk ke dalam tabel, dan satu row tercipta secara otomatis. Tentunya aku memakai java script di sini. Mungkin aku bisa beri nama dynamic table in web, haha...

KP minggu kelima mungkin aku dkk, harus ekstra keras membuat controller untuk proses submitting value di form ke database, memang tidak mudah, karena submitting ini melibatkan dua tabel sekaligus dan memiliki relationship di sana. Heuh, ya sudah mungkin begini saja cerita pendeknya, aku harus koding lagi..,

Semoga semakin hari, semakin bertambah usia, semakin banyak ilmu dan manfaat yang ditimba di dunia ini untuk akherat kelak pula. Selamat melaksanakan ibadah Shaum Ramadhan, semoga Syahru Ramadhan tahun ini memberikan banyak barokah, aamiin, yaa rabbal alamiin..
Have fun with your life! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)