Halaman

Sabtu, 28 Agustus 2010

Kerja Praktek-Minggu VI

KP Minggu ke enam jujur saja, tidak ada agenda ke kantornya. Pak Managernya juga ada kesibukan lain. Terpaksa aku mengerjakan tugas berat sebagai programmer super newbie, di framework PHP yang tidak aku kenal sebelumnya, Zend. Alhamdulillah, progres sampai postingan ini terpublish, sistemnya sudah sampai menampilkan laporan keuangan dengan query tanggal. User dengan cukup menseleksi tanggal atau periode di mana laporan keuangan akan ditampilkan, sistem akan menampilkannya. Laporan keuangan yakni, laporan Neraca, rugi laba dan perubahan modal. Satu lagi yang aku buat yaitu halaman khusus ledger. Halaman ini akan menampilkan ringkasan akun beserta transaksi yang melibatkannya. User cukup menyeleksi tanggal dan akun mana saja yang ingin diinginkan, dan sistem akan menampilkannya di browser.

Setelah laporan ini, mungkin aku akan beranjak ke pembuatan form-form yang memanfaatkan tabel-tabel inherit, seperti form kas keluar-masuk. Namun, apa daya tanggal 30 Agustus besok adalah hari terakhir untuk KP ini. Tak tahu apa yang harus kulakukan dengan sistem yang aku yakini masih 70% rampung. Namun, pak manager tidak memaksakan sistem ini selesai total dengan sempurna. Kembali ke pengarahan awal, bahwa tim ini dibentuk untuk membuat alur logika yang dibangun berdasarkan konsep akuntansi umum, dengan memperhatikan efisiensi, performansi dan manfaat diciptakannya sistem tersebut. Migrasi dari aplikasi yang menggunakan Delphi ke aplikasi berbasis web, memang tidaklah mudah. Banyak logika yang harus diperhatikan, dan tidak serta merta aplikasi web juga memiliki fitur yang lebih canggih. Semua juga tergantung browsernya. Seperti event onkeypress, tidak berjalan di mozilla firefox. Yah itu mungkin bugs yang harus aku tangani supaya sistem itu benar-benar minimal 90% selesai.

Ada kemungkinan, proyek ini akan kulanjutkan untuk bahan Proyek Akhir. Semoga ada hikmahnya, Kerja Praktek di sini. Aamiin. Sekian aja lah, tidak banyak yang harus dilaporkan. Have fun with your life! :D

(Gambar adalah prototype yang sedang dibuat, bentuk asli dan nama perusahaan dirahasiakan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)