Halaman

Jumat, 30 Juli 2010

Kerja Praktek - Minggu II

Minggu kedua kerja praktek adalah saat-saat dimana aku dan kawan-kawanku satu kelompok mulai harus berpikir ekstra keras. Minggu kedua ini, saya hanya dua kali berangkat ke kantor, hari Senin dan hari Rabu. Hari senin, jam 7 malam, kami mulai beraksi. Pak Manager IT bersiap membuka latopnya dan waa.., kami disuruh masuk ke ruang meeting para petinggi perusahaan. Saat aku duduk, wah, rasa-rasanya udah mau jadi bos saja, hehe..Duduk di kursi yang bisa berputar, mejanya melingkar dan proyektor menyala, dan pertemuannya malam hari, duh sudah kerasa jadi bosnya, meski sebenarnya jadi kuli di sana (programmer). (Gambar disamping bukan gambar sebenarnya, tapi mirip-mirip seperti itulah suasananya, haha..., :p).

Hari Senin, Pak Agus (Manager IT/Bos) menjelaskan bagaimana akuntansi yang ada di perusahaan akan dibuatkan sistem berbentuk client server, dengan tool PHP, DBMS Postgresql dan framework untuk PHP nya Zend Framework. Karena malam, mungkin, aku sedikit ngantuk-ngantuk mendengar bos menjelaskan materinya. Dua kawanku aku lihat antusias, serius, tapi tak tahulah apa yang ada dipikiran mereka, haha.., Satu kawanku antusias tanya terus, saya pun tak mau kalah, tanya apa saja yang saya tidak tahu, padahal memang total tidak tahu, haha..Hari Senin malam Selasa ini ditutup dengan penugasan mencari data modeling terbaik untuk proses akuntansi dan dipresentasikan hari Rabu.

Hari Rabu, kami diskusi tentang data modeling yang terbaik untuk suatu siklus akuntansi perusahaan. Bos menjelaskan data modeling yang berbeda dengan data modeling punyaku. Alhasil, aku mengikuti saja, karena data modelingku tidak efisien dalam performansi nantinya apabila ditaruh di server sesungguhnya. Di sela-sela diskusi kami, tiba-tiba datanglah "Bubur + Aneka Lauk Pauknya". Semangkok penuh dan sepertinya itu pertanda buruk buatku. Lah, bukannya senang dapat makan gratis? Sebelumnya aku sudah makan malam di warung nasi goreng kuli yang nasinya minta ampun banyaknya. Nah sekarang ditambah satu mangkok full bubur + lauk pauknya, bisa pecah ini perut. Namun, demi menjaga nama baik perusahaan (guaya..), saya memakannya. Benar, efeknya sangat buruk, perutku penuh, angin keluar terus, dan semalam aku hanya berharap "nobody knows", hehe..Kondisi seperti itu ternyata juga mempengaruhi konsentrasiku memahami materi. Sementara dua kawanku sepertinya enjoy sekali menyimak bos menjelaskan data modeling di Ms. Access yang ditampilkan di layar.

Akhirnya usai sudah, meski prosesnya buruk, tetapi hasilnya aku masih bisa memahami materi yang disampaikan. Dan Minggu ini berakhir dengan penugasan, memindahkan COA ke Postgresql dengan berbagai trial untuk mencari solusi menampilkan jurnal, ledger dan laporan keuangan. Semoga Minggu III jauh lebih baik, jauh lebih maju, jauh lebih bermanfaat dan bermakna. Have fun with your life! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)