Jumat, 08 Mei 2009

Mengetest Komputer dari Infeksi Conficker

Conficker atau dengan nama lain Kido/Downadup adalah salah satu virus yang cukup berbahaya karena penyebarannya sangat banyak dan sangat riskan jika terinfeksi virus ini. Seperti diketahui Conficker akan menutup atau memblok akses lebih dari 100 website keamanan/antivirus. Bahkan berbagai media memberitakan virus ini akan disebar secara besar-besaran tiap tanggal 1 April atau bertepatan dengan April Mop. Apabila komputer kita sudah terinfeksi pun ,antivirus terkadang tidak dapat mendeteksi virus ini. Lalu bagaimana mengecek bahwa komputer kita terinfeksi virus ini atau tidak? Ada beberapa cara yang cukup mudah dilakukan,hanya dengan koneksi ke internet kita dapat melakukan test secara online. Antara lain:
  1. Buka alamat situs berikut : CFTest, Jika muncul 6 gambar, maka komputer kemungkinan besar aman dari virus ini, tetapi jika ada sebagian atau seluruhnya yang tidak muncul, harus diwaspadai kemungkinan terinfeksi conficker.
  2. Cara ini hampir sama dengan cara pertama, yaitu dengan membuka website ini : Conficker Eye Chart , jika disana tampil 6 gambar secara utuh, maka kemungkinan besar komputer aman, tetapi jika ada sebagian gambar yang tidak tampil, bisa jadi komputer terinfeksi Conficker.
  3. Buka website ini : cfdetector Jika komputer aman, akan ditampilkan pesan sebagai berikut :Status: There are no signs for an infection. Dan ada tanda cheklist di sebelah kiri.
Test tersebut tidak akan berhasil atau efektif jika koneksi internet komputer kita melalui proxy server,misalnya dalam satu jaringan kantor hanya menggunakan satu koneksi saja.
Pertanyaan selanjutnya mungkin adalah bagaimana langkah kita apabila komputer kita positif terinfeksi conficker? Ada beberapa vendor antivirus yang menyediakan cleaner/remover untuk virus tersebut,diantaranya:
Mungkin di atas hanya sekedar wacana bagi kita ,bahwa virus-virus semakin canggih dalam menyebarkan diri dan menginfeksi komputer terutama dalam jaringan global atau internet sehingga kita perlu waspada agar tidak kehilangan data-data yang cukup penting bagi kita. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)