Kamis, 07 Mei 2009

Super Autorun ,Solusi Pencegah Penyebaran Autorun

Terakhir berbicara dengan tetangga saya tentang autorun membuat saya semakin tertarik untuk googling tentang keberadaan file yang dibuat virus ini. Memang beberapa antiviruspun tidak dapat mendeteksi keberadaan autorun sehingga sangat riskan jika komputer kita terinfeksi tanpa kita mengetahuinya. Sebenarnya autorun (atau sering disebut autorun.inf) ini dapat dicegah apabila kita sudah memiliki folder autorun dalam komputer kita. Teknik selanjutnya yang bisa dipakai untuk mencegah penyebaran autorun antara lain mencegah virus menghapus folder autorun.inf dengan menambahkan file unicode ke dalamnya. Tapi cara ini berakibat terjadinya error pada virus. Sebenarnya masih banyak teknik lain untuk mencegah penularan autorun,tetapi si pembuat virus masih saja dapat mengatasinya dan membuat autorun.inf ini. Namun jika kita ingin menghapus autorun.inf dari virus ini ,software unlocker mungkin bisa jadi solusi.
Mungkin sebagian dari kita sukar dalam membuat folder autorun.inf jika tidak ditunjang sedikit keahlian menulis program. Solusi terbaik mungkin adalah software super autorun dengan berbagai versi (bisa dilihat pada gambar,versi 1.0). Software ini berukuran kecil sekitar 24 kb dan tidak perlu diinstal. Jika anda mengunduh dari internet kebanyakan dalam bentuk .rar sehingga tinggal di ekstrak saja. File ini menggunakan tambahan teknik khusus, sehingga tidak mudah dihapus, direname atau dimodifikasi oleh virus. Untuk pembuatan file unicode, tidak disertakan dalam software ini.
Software ini sangat mudah digunakan, tinggal di double klik .exe-nya (dijalankan), kemudian pilih drive yang akan dijadikan target untuk dibuatkan autorun atau pilih “Select all drive” untuk memilih semua drive pada komputer, kemudian klik Create Autorun.inf, Jika sudah ada file/folder Autorun.inf maka program ini akan mencoba langsung menghapus, dan membuat baru. Jika berhasil, silahkan dicoba untuk menghapus, rename, edit, membuka folder ini dengan cara apapun.
Agar bisa berhasil, maka Drive atau flashdisk yang akan dibuat harus bertipe NTFS. Untuk memformat flashdisk dengan tipe NTFS butuh teknik khusus. Sebagai tambahan yang terakhir ,teknik ini bukan untuk mencegah virus menularkan diri ke flashdisk, tetapi hanya untuk mencegah virus mambuat file Autorun.inf, sehingga tidak menyebar ke komputer tanpa sepengetahuan kita. Semoga bermanfaat.
link download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)