Halaman

Jumat, 03 September 2010

My World - Flashback

Menjadi siswa ataupun pelajar dengan skor atau nilai tertinggi adalah hal yang mungkin aku sudah sering aku mendengarkannya dan bahkan beberapa kali, di sekolah dasar, menengah pertama ataupun menengah atas, aku sering mendapatkan predikat tersebut. Namun, apakah yang kurang dari kebanggaan yang sering aku raih tersebut?

Jujur saja, selama enam tahun duduk di bangku sekolah menengah, aku belum pernah mencicipi apa yang dinamakan organisasi. OSIS, MPK atau apalah itu namanya, sama sekali bukan hal yang menarik bagiku. Aku berpendapat, mereka hanyalah orang-orang yang mengorbakan waktu mereka hanya untuk kegiatan yang dapat mengurangi waktu mereka belajar ataupun mengesampingkan tuntutan akademik. Aku lebih suka mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuanku saja. Mulai dari SMP dengan ekstrakurikuler komputer dan bahasa inggris. Dan puncaknya di masa SMP dan SMA aku selalu menjadi bagian dari tim kompetisi mata pelajaran eksakta seperti IPA dan matematika. Kalau diceritakan di sini sangatlah panjang, karena mungkin lebih dari 20 kali kompetisi serupa aku ikuti. Menang tak menang, semua ada di sana.


Menjadi seorang yang diandalkan dalam ilmu pengetahuan dan pemahaman materi, memang sangat menyenangkan. Namun aku merasa ada hal yang kurang di sana. Hingga suatu saat, aku pernah berangkat ke sekolah, dari jam tujuh sampai jam satu siang, hanya dihabiskan di laboratorium, bercumbu dengan kitab-kitab fisika dan tak bersua dengan teman-teman kecuali di kantin. Mungkin aku menamakan semua ini sebuah keautisan, kesendirian atau kesenangan dan ketenangan yang hanya ternikmati oleh orang-orang yang tidak ingin berjumpa dengan orang lain.

Ah, pikirku saat ini, aku begitu kecewa dengan apa yang aku alami semasa SMP maupun SMA. Mengapa? Aku sama sekali tidak bisa berbicara di depan publik. Berbicara dengan kawan terkadang kikuk, kaku dan canggung. Berada di depan umum, demam panggung selalu muncul tak wajar. Inikah akibat dari pemujaan ilmu pengetahuan yang berlebihan. Mengabaikan pola interaksi sosial yang sangatlah dibutuhkan nantinya di kehidupan nyata. Sikap-sikap yang tak terolah dengan baik dan matang menyebabkan pergaulanku menjadi semakin sempit. Hanya sebatas kawan-kawan dekat dan kawan-kawan satu tim kompetisi.

Analisisku adalah karena selama ini aku tak mengikuti kegiatan yang dapat membantuku untuk dapat berkomunikasi, bersosialisasi dan memecahkan masalah yang riil, bukan eksakta di atas kertas. Semakin menyempit, kegiatan tersebut mungkin adalah kegiatan organisasi kesiswaan. Organisasi dimana tempat orang-orang yang katanya akan memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus, memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang lebih dibandingkan yang lain, serta memiliki segudang pengalaman yang mengantarkannya menuju gerbang kesuksesan. Benarkah?

Mungkin hal teraneh dalam hidupku ini adalah di mana sekarang (di perguruan tinggi) aku dipercayai orang lain untuk memimpin sebuah kegiatan dan atau organisasi kemahasiswaan. Padahal kalau menilik ke belakang, semua latarku tak mendukung itu semua. Di semester satu dan dua pun, tak banyak orang yang mengenalku. Hanya sebatas teman kelas dan teman satu kontrakan, tak lebih. Sekarang? Aku merasa setiap aku melangkah, ada saja kawanku yang menyapa. Jelas suatu keajaiban dan seuatu yang harus disyukuri dalam-dalam, di mana aku meraih predikat sekaligus merayakan kebanggaan yang dapat dikata "double winner" dalam hidupku. Aku tak tercecer di urusan studi atau kuliah, di sisi lain, aku dipandang cukup baik di aktivitas kemahasiswaan.

Aku menelusuri jejakku, apa yang dapat mengantarkanku sampai sedemikian rupa. Mengubah sebuah robot menjadi seorang yang benar-benar dipandang. Dan setelah aku  cari dan telusuri dalam-dalam, ternyata ada orang yang benar-benar menjadi inspirator dalam dunia perkuliahan ini. Siapakah beliau?
(to be continued)

2 komentar:

  1. u're really good at writing

    and I kinda curious, who's the man inspire you, which you mention at last?

    BalasHapus
  2. thx..,

    that man will be described in the next post.., I don't have any time for writing.., :)

    BalasHapus

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)