Sabtu, 05 Mei 2012

FAST Project

FAST Project adalah professional project yang pertama kali saya dan rekan-rekan founder CBS (Cebersoft) Corp jalankan mulai akhir tahun 2011, tepatnya di bulan November. Berbekal relasi ke salah satu perusahaan developer atau pengembang perumahan dan real estate, CBS Corp menawarkan jasa pengembangan perangkat lunak dan sistem Informasi. Proses bisnis yang menjadi case dari sistem informasi ini kebetulan adalah akuntansi, keuangan dan penganggaran. Itulah seababnya proyek ini dinamakan FAST yang diambil dari kepanjangan proses bisnis yang dimaksud, yakni Finance and Accounting Supporting Tool. FAST sendiri dibangun berbasiskan web based appliaction yang artinya aplikasi ini bersifat client server dan pengguna dapat menjalankan serta melakukan pengolahan data dengan cukup membuka aplikasi via web browser, seperti layaknya membuka sebuah website atau blog. FAST akan segera diluncurkan pada bulan Mei 2012, dengan pengembangan fitur sudah berakhir, secara fungsionalitas. Sedangkan pengembangan untuk model optimasi, pengubahan dan perbaikan, tetap dilakukan sejalan dengan proses bisnis yang berjalan.

Tools
Secara arsitektur, piranti lunak ini kebanyakan dibangun menggunakan tools atau kakas-kakas yang bersifat open source. Dari DBMS, rekan developer CBS menggunakan PostgreSQL. Dengan lisensi free alias gratis, PostgreSQL juga memberikan fitur-fitur canggih yang hampir menyamai pesaingnya MySQL dan DBMS yang bersifat berbayar seperti M.SQL Server. Fitur yang lebih bagus lagi yakni adanya fitur inheritance yang memungkinkan pengembang dan desainer basis data menurunkan sifat-sifat objek (dalam hal ini table) ke tabel-tabel yang diinginkan memiliki sifat yang sama (konsep inheritance pada OO).

Beralih ke bahasa pemrogaraman, yang dilakukan pada sisi server, developer CBS menggunakan bahasa pemrograman PHP yang disusun dalam suatu framework yang lagi-lagi juga open source, yakni ZEND Framework. Untuk membuat antarmuka pengguna di sisi client, digunakan bahasa markup HTML yang dikombinasikan dengan CSS, JavaSript dan teknologi Ajax.

Architecture
FAST dikembangkan secara modular menggunakan konsep desain yang berbasiskan object oriented (OOD). Analisis yang dilakukan terhadap proses bisnis juga dilakukan secara OOA. Dengan model pengembangan seperti ini, diharapkan FAST memiliki ketangguhan saat terjadi proses pengembangan berlanjut. Secara analisis, tim pengembang menggunakan UML dalam mengkomunikasikan hasil analisis. UML yang dipakai, hanya beberapa yakni Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram dan dalam waktu dekat akan disempurnakan detilnya menuju Component Diagarm. 

Business Process
Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, proses bisnis yang dikaptur dari sistem ini adalah siklus akuntansi yang merupakan muara terakhir dari dua sub proses bisnis lainnya yakni keuangan dan penganggaran (budgeting). Dalam pengembangan modularnya, sub proses siklus akuntansi dikembangkan lebih dahulu daripada dua proses bisnisnya. Ini mengindikasikan bahwa siklus akuntansi merupakan proses landasan yang di atasnya terdapat proses-proses lain yang mengalirkan data ke sana. Lebih lanjut, siklus akuntansi ini, dalam istilah lebih kerennya adalah "backbone process".

End Point of Information
Sebagaimana diketahui, pelaku industri IT "dipaksa" untuk menggali data dalam-dalam, merumuskannya dan menghasilkan informasi yang lebih substantif dan tidak melibatkan banyak bit (data). FAST berorientasi pada analisa laporan keuangan yang kesemuanya itu sudah ada formula untuk mendapatkannya. Namun, tak hanya itu, beberapa informasi yang di-generate dari berbagai level proses, mulai dari master data hingga transaksi dapat dianalisis performansinya dari sudut pandang bisnis. Manajer keuangan yang merupakan pengguna informasi, tentunya ingin juga melaporkan titik-titik substantif dari informasi yang dia peroleh kepaa manajer di atasnya, yang lebih mengarah ke strategic plan. Pada FAST, strategic plan ini didukung oleh beberapa modul, antara lain dari bagian anggaran yang menghasilkan keluaran serapan atau penggunaan dana.

What the Next
FAST menjadi titik tolak landasan sistem berbasis ERP jika serius ditekuni dan dikembangkan lebih lanjut. FAST menjadi sentral muaranya berbagai informasi yang kiranya perlu bermuara pada accounting cycle. Ini tak lepas dari fleksibilitas FAST dalam mendistribusikan rule and role dari COA (Chart of Account) ke sub-sub yang membutuhkan distribusi tersebut. Sebagai contoh, bagian kasir hanya akan menerima COA yang terkait dengan Cash and Bank, sebagai alat bayar atau alat terima asset yang paling likuid. Meskipun beberapa COA harus direkonsiliasikan terlebih dahulu dengan objek yang "lebih dikenali" oleh pengguna tingkat akhir, pada kenyataannya, pengguna harus mengetahui peran dan aturan yang terkait dengan urgensi COA. Dan dari situlah, ERP yang dikembangkan dari FAST memiliki basis knowledge distribution yang tak selamanya memaksa pengguna dalam lingkup divisinya hanya berperan sebagai "penginput data", tetapi lebih ke arah transformasi organisasi yang cerdas dalam menyikapi segala bentuk data yang akhirnya, itu sangat penting dalam pengambilan keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim Komentar Anda
(Send Your Comment)